Wisata Wonosobo ternyata begitu banyak menarik wisatawan, tidak hanya wisata tempat, wisata kuliner juga menjadi idaman para wisatawan. Kota Wonosobo terletak di pegunungan sindoro dan sumbing sehingga cuacanya terasa sejuk dan lebih dingin saat malam. Pemerintah setempat sangat mendukung adanya pariwisata di Wonosobo untuk menunjang peningkatan perekonomian di Kota Wonosobo.

Geografi Kota Wonosobo

wisata wonosobo wisata wonosobo Wisata Wonosobo Yang Begitu Beragam img 57551

Sebagian besar daerah Wonosobo adalah pegunungan, Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang.

Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa: Wanasaba, yang secara harafiah berarti: “tempat berkumpul di hutan”. Bahasa Jawa sendiri mengambilnya dari bahasa Sanskerta: vanasabhā yang artinya kurang lebih sama. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: “Sabhaparwa” dan “Wanaparwa“.

Wisata Wonosobo Yang Banyak Dikunjungi

Wisata Wonosobo yang paling terkenal adalah Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau). Wisata Dieng Wonosobo terletak diantara perbatasan Wonosobo dengan Banjarnegara. menyajikan berbagai komplek tempat wisata mulai dari telaga warna, telaga pengilon, kawah sikidang, komplek candi dan masih banyak lagi.

Wisata Wonosobo dengan wahana waduh salah satunya Waduk Wadaslintang yang merupakan salah satu bendungan terbesar dan sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan keindahan bendungan yang luas, wadaslintang ini terletak di perbatasan Kebumen dan Wonosobo.

Wisata Wonosobo destinasi utama pegunungan adalah gunung prau dan sikunir, menikmati keindahan golden sunrise dari puncak ini hanya ada di Wonosobo. dan masih banyak lagi wisata lain yang memberikan pengalaman baru bagi anda.

Wisata Kuliner di Wonosobo

Dari segi wisata makanan, Kota wonosobo terkenal dengan sajian mi ongklok, sangatlah sayang ketika anda mengunjungi Kota Wonosobo tidak mencicipi makanan yang satu ini. Ketika anda pulang, anda akan dijumpai banyak pusat oleh-oleh makanan khas. Yang menjadi figur makanan khas yaitu manisan carica, carica sumbing segar dari oafindo salah satunya yang terkenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *